Wednesday, January 2, 2008

Malam Tahun Baru Adalah Malam Kontemplasi

Sejak pagi tadi, jalanan sangat ramai, orang-orang hilir mudik, kesana-kemari. Mungkin mereka mempersiapkan segala sesuatu yang mereka butuhkan buat malam tahun baru…. Anak-anak, remaja, bapak-bapak, ibu-ibu bahkan kakek nenek, nampaknya sibuk membicarakan acara malam tahun baru…. Entah sejak kapan, malam tahun baru jadi malam yang sangat special buat manusia di muka bumi ini, hingga seolah menjadi tradisi, melakukan pesta baik kecil-kecilan ataupun besar-besaran untuk melewati malam tahun baru……

Tapi, kenapa ya, dari sekian banyak orang, saya menjadi beda sendiri….. Entah kalau diluar sana ada yang senasib denganku….Melewati malam tahun baru ini di kamar saja, hanya musik yang sedikit memecah kesunyian malam ini…. Yah, memang wajar jika saya tak melakukan apa-apa seperti kebanyakan orang,karena saya memang tak pernah punya rencana untuk melewati malam tahun baru ini di suatu tempat bersama seseorang/beberapa orang…. Tadinya sempat sedih, bahkan sangat sedih, ketika mengetahui kalau keluarga di bone buat acara makan-makan, rasanya langsung ingin terbang ke bone, tertawa dan bersenda gurau dengan keluarga…..Saya tak bisa menahan tangis ketika ditelepon sama mamiku….. Rasanya tidak sanggup membayangkan keluarga di sana lagi kumpul-kumpul, sementara disini saya seorang diri dalam kamar…

Sebenarnya saya tak pernah memilih secara sadar untuk menyendiri seperti ini, tapi tampaknya saya terjebak oleh situasi dan kondisi belakangan ini… Hingga akhirnya, malam ini yang dianggap malam special oleh kebanyakan orang, hanya malam yang biasa-biasa saja bagiku, sama dengan malam-malam yang lain…

Jarum jam terus berjalan, saya merasa menjadi orang paling bodoh jika hanya melamun tak karuan dan juga menangis…Makanya, kuputuskan tuk berkontemplasi…. Saya mulai melakukan perenungan, saya mencari arti diriku dalam setahun ini… Saya merenungi semua apa yang telah kulakukan dan apa yang telah kuperoleh selama ini…
Dan ternyata, saya menemukan mozaik-mozaik diriku yang perlu diperbaiki, yahhh sepertinya saya harus melakukan banyak introspeksi diri… Lumayan banyak masalah yang pernah kuhadapi setahun ini, dan sepertinya banyak pelajaran yang harus kupetik dari masalah-masalah itu, saya tak ingin selalu terjebak oleh perkara-perkara yang sama, apalagi terus bersedih karena hal yang sama….

Saya pun merenungi semua yang Allah SWT telah berikan padaku selama ini, dan Alhamdulillah !!!! Dalam tahun ini, Allah SWT telah banyak memberiku nikmat… Saya patut bersyukur atas semua itu…. Sedikit ada rasa haru, ketika saya sujud syukur…. Ternyata ada baiknya juga, saya melewati malam tahun baru ini seorang diri… Seandainya saya keluar ke suatu tempat dan menghabiskan malam di sana, mana sempat saya sujud syukur seperti ini ??? Mana kepikiran tuk berkontemplasi ??? Paling-paling semalaman cuma bercanda dan tertawa……!!!!

Tadinya saya berpikir,kalau malam ini saya orang yang paling menyedihkan dan pantas dikasihani, tapi saya jadi berubah pikiran, saya merasa menjadi orang yang beruntung, melewati malam ini dengan kontemplasi… Hati ini rasanya damai, tertunduk pasrah dan berserah diri sepenuhnya pada Allah SWT, dengan harapan semoga Dia masih mengijinkanku tuk menghirup udara pagi esok hari……..!!!

Beberapa menit lagi pergantian tahun…… Saya harus memantapkan hati dan mempersiapkan mental tuk memasuki tahun 2008….. Yakin dan percaya, akan banyak hal-hal baru dan cobaan-cobaan yang akan kuhadapi ke depan…….. Semoga Tuhan senantiasa membimbingku agar tetap berada di jalan-Nya……. Di luar sana terdengar gemuruh guntur ditambah suara petasan dan tiupan terompet, seakan mengamini doaku…….. SEMOGA !!!!


No comments: