Tuesday, June 5, 2007

NALURI HIJAU HITAMKU KEMBALI MEMBUNCAH

Saya masih ingat...
Momen-momen tertentu, yang membuat naluri hijau hitamku rasanya membuncah.....

Saat itu, awal tahun 2006.... Saya mengikuti Basic Training HMI... Sebenarnya tak ada rencana untuk ikut, tapi karena rasa penasaranku yang mungkin terlalu berlebihan, akhirnya saya duduk juga dalam ruangan yang kira-kira berukuran 5m x 4m, bersama dengan 16 orang lainnya, mendengar materi-materi yang yahh…cukup membuat kepala berputa-putar…… Sambil dengar materi, sempat saya berpikir, apa yang saya dapat dari sini ya ??? Yang diperbincangkan ini, kayaknya tidak penting !!!!


Tapi, akhirnya saya betah juga mengikuti semua materi.... Sehari setelah BASTRA... saya sempat merenung dan dari hasil perenunganku melahirkan sebuah perasaan senang, seolah-olah saya mendapatkan sesuatu yang selama ini kucari..., akhirnya rasa itu kutuangkan lewat tulisan dan kutempel di papan hijau hitam. Dalam tulisan itu, ada kata-kata seperti ini ” DISINILAH KUTEMUKAN WARNAKU....”.. Kalau sekarang, saya refleksikan kejadian itu, mungkin itulah yang dinamakan NALURI HIJAU HITAM.... yang pertama kalinya membuncah....!!!

Tapi.... perasaan itu sempat tereduksi, akibat kurangnya kegiatan komisariat dan juga kesibukan kuliah yang hampir menguras seluruh tenaga dan perhatianku... Sampai pada akhirnya, seorang senior menawarkan saya untuk ikut Intermediate Training HMI....
Waktu itu saya merasa terlalu dini untuk ikut.... Bayangkan saja, saya baru 6 bulan ikut BASTRA.... Eh, ikut LK II lagi... !!! Tapi, bukan ASDA namanya, kalau ada peluang, ada ketertarikan sedikit ,ditambah lagi rasa penasaran yang berlebihan, truz tidak ikut....
Akhirnya ikut juga, waktu itu saya ikut LK II yang diadakan di BONE, ehm...kampung halamanku ca’ ....!!!!
Wahhhh.... menakjubkan... !!!
Dengar materi-materi yang dulunya melangit tapi sewaktu ikut kegiatan itu jadi membumi....!!!
Wahhhh...menakjubkan ...!!!
Bertemu dengan teman-teman dari komisariat dan cabang lain yang cerdas-cerdas !!!
Lebih menakjubkan lagi....
Ketika bertemu langsung dengan Sejarawan HMI , Agussalim Sitompul..
Serasa hidup di jamannya Lafran Pane, hehehe....
Akhirnya, setelah LK II itu, naluri hijau hitamku kembali menguat.......
Ada keinginan yang besar saat itu..., untuk berbuat banyak buat HMI.....
Pokoknya, kalau mau dibahasakan selepas LK II, ASDA jadi HMI bangettt !!!! hehehe..

Dan sekarang........
Tibalah saatnya pergantian pengurus komisariat....
Kak Ardiansyah Bahar, yang sering di sapa kak ARDI, akan mengakhiri masa jabatannya selaku KETUA HMI periode 06-07...
Artinya, akan ada KETUA baru......
Nahh, beberapa saat lalu, kami anggota komisariat memperbincangkan hal itu di danau UNHAS..........
Saat itu, kami angkatan 2005 yang hadir, ditanya tentang kesiapan untuk jadi pengurus berikutnya.... Dan kami ternyata sepakat SIAP untuk jadi pengurus.. Yang namanya, kepengurusan tentu ada yang namanya KETUA,
Nah... hal ini yang menjadi masalah kemarin, kader HMI di 2005 kurang, itupun kalau ada, kurang yang ingin memfokuskan perhatiannya di HMI, karena banyak organisasi juga di luar....
Sebenarnya saat rapat itu, mungkin saya yang paling gelisah....
Gelisah kenapa ???
Yah, gelisah memikirkan rumah keduaku....
Gelisah memikirkan dan mencari teman yang kira-kira siap jadi ketua komisariat berikutnya yang tentunya punya komitmen untuk membuat rumah keduaku tetap eksist..
Tapi.....tak kutemukan seorang pun........
Di sisi lain, saya merasakan adanya panggilan untuk memenuhi tanggung jawab saya sebagai satu-satunya kader di 2005 yang telah mengikuti LK II....
Mungkin rasa tanggung jawab itu juga, yang membuat saya saat itu melontarkan kata-kata ”Masa sih tidak ada di antara kita, angkatan 2005 yang bisa jadi ketua ???”...
Kalau mau mengorek-ngorek masa lalu....
Sebenarnya, sempat saya berpikiran untuk menjadi Ketua Komisariat...
Bukan, karena ingin punya jabatan, tapi selalu saja ada keinginan kuat untuk berbuat banyak buat HMI, dan mungkin ketika jadi ketua, saya bisa menginisiasi semua itu....
Tapi.... Kembali ada keraguan, ketika mengingat kodratku sebagai seorang wanita yang masih terbatasi oleh aturan dan adat, yang tentunya tidak membenarkanku untuk keluar malam( misalnya; menghadiri bastra komisariat lain, atau rapat-rapat lain ) meskipun untuk tujuan yang baik.... Juga, saya sedikit merasakan adanya keraguan dari kakak-kakak seandainya yang jadi ketua itu AKHWAT, mungkin....????!!!!
Sulit rasanya, mempertahankan rasa MERDEKA yang kumiliki, ketika berada di tengah-tengah orang ( orangtua misalnya), yang tidak sepaham dengan kita tentang kemerdekaan itu. Apa ini namanya, saya belum merdeka sepenuhnya ???
Entahlah !!!!
Seperti itulah, pertarungan batin yang kurasakan saat itu........
Ternyata, akhir-akhir ini kusadari bahwa naluri hjau hitamku kembali membuncah...
Dan kusadari pula, ternyata selama ini Naluri Hijau Hitamku berfluktuasi juga...
Sepertinya, yang menjadi PR sekarang.....
Bagaimana membuat grafik naluri itu konstan, dari waktu ke waktu..........
Tapi, apa mungkin ????





No comments: